Senin, 25 Juni 2018

Panglima TNI Berharap Objek di Danau Toba Adalah Bangkai KM Sinar Bangun

Agen Domino99 Online - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, dapat segera ditemukan. Basarnas sendiri telah menemukan objek di Danau Toba yang diduga merupakan bangkai kapal tersebut.

"Informasi terakhir, tim dari geosurvei menemukan titik yang diduga bahwa itu adalah KM Sinar Bangun pada kedalaman 450 meter. Tim geosurvei ini berpengalaman pada waktu menemukan pesawat di Pulau Jawa, AirAsia," kata Hadi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Beberapa alat milik Basarnas dan TNI AL juga dikerahkan untuk memastikan objek tersebut. Panglima TNI berharap objek yang ditemukan itu adalah bangkai KM Sinar Bangun.

"Mudah-mudahan yang diduga itu adalah kapal yang kita cari. Segera kita cari teknik untuk mengangkat kapal tersebut. Tentunya dengan beberapa teknik yang direncanakan Basarnas dibantu oleh TNI AL, karena diduga kuat masih banyak korban yang terperangkap di dalam kapal tersebut," tutur Hadi.

Sementara itu, hingga hari kedelapan ini upaya pencarian dan penyelamatan korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, belum membuahkan hasil signifikan. Upaya tim SAR gabungan pun terhalang cuaca buruk, sehingga pencarian dihentikan sementara pada pukul 15.00 WIB.

"Kita mulai dari jam 07.00 WIB menurunkan alat-alat yang kita miliki. Ternyata cuaca tidak mendukung, cuaca tidak bersahabat sehingga kita putuskan untuk kembali. Kita tunggu apabila cuaca sudah bagus kita akan lanjutkan kembali," kata Brigadir Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, Deputi Operasi Basarnas di Posko Utama di Tigaras, Simalungun, Sumut.

Peralatan-peralatan itu dikerahkan untuk lebih memastikan temuan objek pada dua titik pada kedalaman 490 meter di dasar Danau Toba, yang diduga sebagai bangkai KM Sinar Bangun.

Bukan cuma peralatan, Basarnas juga sempat mengumpulkan warga setempat untuk membantu pencarian kapal karam itu berikut penumpang yang hilang.

Sejauh ini, Basarnas belum yakin 100 persen objek di dasar Danau Toba itu adalah kapal yang tengah dicari. Mereka menilai masih diperlukan sejumlah pendalaman. Agen Judi Poker Online

0 komentar:

Posting Komentar