Selasa, 04 Juli 2017

Djarot: Kita Malah Lega Jika Ibu Kota Dipindah

Agen Domino QQ Online - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pemindahan ibu kota bukanlah hal sederhana dan dapat dilakukan dengan cepat.

"Memindahkan ibukota itu bukan sekedar kantor pemerintahan tetapi juga infrastruktur hardware, software brainware," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/7/2017).

"Butuh kajian mendalam dan tidak sesederhana dan seperti yang dibayangkan," tambah dia.

Selain butuh kajian mendalam, anggaran yang digunakan pun tidak sedikit dan membutuhkan waktu panjang.

"Rencana itu bagus, tapi apa iya dalam waktu dekat bisa dipindah ke Palangkaraya. Kalau kami dari DKI siap siap saja, tapi saya tidak yakin bisa dilakukan dalam waktu 1,2,3  tahun ini,"ucap Djarot.

Selain itu, lanjut Djarot, bila benar ibu kota dipindahkan, Pemprov DKI akan lega. Sebab, tidak semua menumpuk di Jakarta.

"Seumpama (pindah) kita justru malah lega, idealnya ibu kota negara fokus sebagai kota pemerintahan. Nah kan Jakarta itu kota segalanya ada, kota dagang, industri, kota pendidikan, wisata," kata Djarot

Mantan Wali Kota Blitar itu mencontohkan Australia di mana ibu kota dan pusat bisnis di dua kota berbeda.

"Kalau lihat Australia ibu kota di Perth dan itu jauh dari Sydney yang sebagai kota dagang dan kota industri, tapi (Sydney) tidak untuk pelayanan pemerintah. Belanda itu bukan di Amsterdam tapi di Den Hag (ibu kotanya)," jelas Djarot. Agen Judi Poker Online

0 komentar:

Posting Komentar