Sabtu, 19 November 2016

PLN: Tunggakan Listrik Pelanggan Timika Capai Rp5 Miliar



Agen Bandar Kiu - Tunggakan rekening listrik para pelanggan PLN Area Timika, Papua hingga kini mencapai sekitar Rp5 miliar. PLN mengingatkan para penunggak rekening listrik agar melunasi kewajibannya jika tak ingin jaringan listrik ke rumah mereka diputus oleh petugas PLN.

“Kami minta para pelanggan, jangan hanya tahu menggunakan listrik, tapi tahu juga kewajibannya untuk membayar rekening listrik tepat waktu setiap bulan. Sampai sekarang ada banyak pelanggan yang masih menunggak rekening listrik berbulan-bulan, bahkan sampai bertahun-tahun,” ujar Manager PLN Area Timika Salmon Karet di Timika, Sabtu (19/11).

Menurut dia, dari total tunggakan sebesar lebih dari Rp5 miliar itu, tunggakan terbanyak ada pada pelanggan umum terutama di Kwamki Lama dan lokasi-lokasi tempat pemukiman masyarakat asli lainnya.

Selain itu, katanya, kantor-kantor Pemda Mimika hingga kini masih menunggak rekening listrik dengan total sekitar Rp700 juta-Rp800 juta, kantor-kantor BUMN dan instansi TNI dan Polri.

“Saya sangat alergi kalau ada pelanggan yang menggunakan listrik tapi tidak mau membayar rekening listrik. Yang seperti itu banyak di Kwamki Lama, sudah bertahun-tahun tapi sampai sekarang belum dibayar. Petugas kami sulit masuk ke sana karena daerah itu rawan dan selalu terjadi konflik,” ujar Salmon.

Salmon menyebut masih banyak praktik pencurian arus listrik di Timika terutama oleh pemilik bengkel las, tempat-tempat perbaikan peralatan elektronik dan oknum-oknum tidak bertanggung jawab lainnya.

“Prediksi kami, dari beban puncak listrik di Timika sekitar 23-24 megawatt, sekitar 4-5 megawatt dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab karena mereka sambung langsung dari jaringan PLN. Tim kami masih terus melakukan penertiban dan melacak masalah ini. Kalau ketahuan mencuri arus listrik, yang bersangkutan akan kita kenakan denda yang sangat besar dan bisa dipidanakan,” ancam Salmon.

Kapasitas daya terpasang PLTD Timika sekarang ini sebesar 25 megawatt dengan beban puncak per hari mencapai sekitar 23-24 mega watt.

Hingga kini, jumlah pelanggan PLN di Area Timika sebanyak 45 ribu. Sekitar 43 ribu diantaranya berada di Timika dan sekitarnya. Sementara sisanya berada di Agats Kabupaten Asmat, Mapenduma Kabupaten Nduga dan Dekai Kabupaten Yahukimo.  Agen Domino QQ

0 komentar:

Posting Komentar