Rabu, 11 Oktober 2017

Pertamina Guyur 3.400 Petani Tebu PTPN XI Rp 110 Miliar

Agen Judi Bola Online - PT Pertamina (Persero) menyalurkan dana program kemitraan sebesar Rp 110 miliar kepada 3.400 orang mitra petani tebu binaan PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI). Penyaluran pinjaman dana kemitraan ini secara simbolis diserahkan oleh VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Agus Mashud, kepada Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari bersama perwakilan kelompok tani tebu di Pabrik Gula Jatiroto, Rabu (11/10/2017).

“Melalui kerja sama sinergi penyaluran dana Program Kemitraan BUMN pembina ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Kemitraan BUMN dan meningkatkan pendapatan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya, karena budi daya penanaman tebu merupakan usaha yang mempunyai kaitan agribisnis yang cukup panjang sejak dari penyediaan bibit, sarana produksi, usaha budi daya sampai panen,” ujar Agus Mashud dalam keterangannya, Kamis (12/10/2017).

Agus menjelaskan, kerja sama sinergi pada Masa Tanam 2017/2018 ini akan berlangsung selama 14 Bulan, dari proses tanam dan garap sampai dengan Proses TMA (Tebang, Muat dan Angkut), hingga proses pemotongan hasil panen oleh PTPN XI terhadap petani gula sebagai bagian dari proses collecting untuk pengembalian pinjaman Program Kemitraan terhadap Pertamina.

Sementara penyaluran akan dilakukan sebanyak empat tahap. Di mana di tahap pertama akan disalurkan sebesar Rp 10 miliar, kemudian di tahap kedua Rp 40 miliar dan tahap ketiga Rp 30 miliar serta tahap keempat 30 miliar. Dengan begitu, total sebesar Rp 110 miliar diharapkan selesai pada akhir bulan Desember 2017.

"Dan penyaluran dana program kemitraan tersebut dapat maksimal diserap oleh petani tebu, sesuai dengan musim hujan sehingga bisa memaksimalkan periode tanam dan garap,” tutur Agus.

Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari menjelaskan, sejak dihapuskannya KKP-E (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) penyaluran pinjaman dana kemitraan Pertamina sebagai BUMN Pembina kepada PTPN XI sebagai BUMN Penyalur menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu dan pendapatan petani tebu rakyat yang dapat menghindarkan mereka dari para rentenir.

“Program kemitraan ini juga menjadi wujud kepedulian Pertamina dan PTPN XI sebagai BUMN untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya serta dalam mendorong percepatan tercapainya program swasembada gula nasional yang dicanangkan pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 2016 program kemitraan serupa juga telah berhasil disalurkan Pertamina kepada petani tebu di wilayah kerja PTPN X sebesar Rp 69 miliar pada periode masa tanam 2016/2017. Agen Capsa Online

0 komentar:

Posting Komentar