Sabtu, 13 Januari 2018

Jokowi Bakal Resmikan Stadion Utama GBK Sore Ini

Agen Judi Poker Online - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada sore ini. Peresmian tersebut menyusul telah selesainya proses renovasi stadion dalam rangka menyambut Asian Games XVIII 2018.

Seperti dikutip dari jadwal acara harian Presiden, rencananya Jokowi akan meresmikan stadion tersebut pukul 18.30 WIB. Selain meresmikan, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga akan menyaksikan pertandingan persahabatan antara Indonesia melawan Islandia yang digelas di stadion GBK.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah selesai 100 persen. Stadion tersebut kini siap digunakan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018.

“Bapak Presiden direncanakan akan meresmikan stadion ini, sekaligus menyaksikan pertandingan persahabatan antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia. Kami yang bertanggung jawab atas renovasinya melakukan ujicoba untuk melihat kualitas pencahayaan, rumput, tata suara, papan skor,” ujar Basuki, dikutip Minggu (14/1/2018).

Pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Namun karena menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional dan memiliki kualitas pencahayaan tiga kali lebih baik. Sistem pencahayaan juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO.

“Tata suara SUGBK lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis,” jelasnya.

Kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

“Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan di mana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” lanjut dia.

Dengan penggantian jenis kursi yang lebih baik dimana sebelumnya kursi panjang, kapasitas tampung SUGBK saat ini 80 ribu kursi. Agen Domino Online

Kualitas Rumput

Kualitas lapangan semakin baik, mulai dari rumput yang digunakan merupakan rumput terbaik jenis zoysia matrella, dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase antibanjir (zero run-off).

“Kualitas rumput Stadion GBK juga telah mendapatkan sertifikasi internasional. Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan atau pemanasan, itu pun kualitas rumput imitasi terbaik,” kata dia.

Renovasi SUGBK dilakukan sejak bulan Agustus 2016 dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 769,7 miliar. Sementara konsultan manajemen konstruksi adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar.

Secara keseluruhan untuk renovasi venue dan penataan kawasan GBK yang dilakukan oleh Kementerian PUPR progresnya telah mencapai 99 persen karena meskipun beberapa venue olahraga telah selesai, namun pekerjaan penataan kawasan GBK yang baru dimulai Mei 2017 masih dalam penyelesaian akhir.

“Untuk venue olahraga hampir seluruhnya sudah selesai dan akan kami usulkan diresmikan satu per satu oleh Bapak Presiden,” tandas Basuki. Agen Bola Online

0 komentar:

Posting Komentar