Minggu, 11 Desember 2016

Jelang Maulid Nabi, Okupansi Penumpang Kereta Api Meningkat Hingga 100 Persen

Agen Capsa Online - Volume penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, meningkat menjelang libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Lonjakan penumpang kereta seiring dengan libur akhir pekan yang dilanjutkan libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada 12 Desember 2016, sehingga terjadi peningkatan penumpang,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Lukman Arief di Kabupaten Jember, Minggu (11/12).

Menurut dia, sebagian besar kereta api di wilayah kerja Daop 9 sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan dengan tujuan ke berbagai daerah tingkat keterisiannya (okupansi) sudah mencapai 90 persen lebih.

“Untuk KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta dan KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya tingkat okupansinya sudah mencapai 98 persen sejak Kamis (8/12), Jumat (9/12), dan Sabtu (10/12),” tuturnya.

Sedangkan untuk kereta bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur siang dan malam tingkat okupansinya mencapai 100 persen atau penuh pada Jumat (9/12), sedangkan untuk Sabtu (10/12) tingkat okupansinya mencapai 95 persen baik KA Mutiara Timur siang maupun malam.

“Hampir semua rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember seperti KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon, dan KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto mengalami kenaikan jumlah penumpang dibandingkan libur akhir pekan biasanya,” katanya.

Lukman mengatakan meningkatnya okupansi penumpang kereta api tidak hanya terjadi pada keberangkatan di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9, namun penumpang juga meningkat saat tiba di sejumlah stasiun sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi.

“Selama ‘long weekend’ ini diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api sekitar 5 persen dibandingkan pada hari biasanya,” ujarnya menambahkan.

PT KAI Daop 9 Jember, lanjut dia, tidak menambah rangkaian kereta selama libur panjang yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW karena jumlah rangkaian yang ada masih mencukupi untuk mengangkut penumpang selama liburan akhir pekan.

Tujuh rangkaian KA jarak menengah dan jarak jauh yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur siang jurusan Banyuwangi-Surabaya (PP), KA Mutiara Timur malam jurusan Banyuwangi-Surabaya (PP), KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta (PP).

Kemudian KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto (PP), KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya (PP) dan KA Tawang Alun jurusan Banyuwangi-Malang (PP), KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi (PP) dan kereta yang baru beroperasi pada November 2016 yakni KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon (PP). Agen Domino QQ online

0 komentar:

Posting Komentar