Selasa, 15 Januari 2019

Menata Keindahan Ibu Kota Ala Anies Baswedan

Agen Bandar QQ Online - Sejak dilantik 16 Oktober 2017 sebagai Gubernur DKI Jakarta, banyak hal dilakukan Anies Baswedan untuk membuat DKI Jakarta elok dipandang. Khususnya mengenai penataan.

Sejumlah kawasan dipercantik, seperti sekitar Bundaran HI. Anies memulai dengan membongkar Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran HI. Sebagai gantinya, Anies membuat pelican crossing, fasilitas penyeberangan yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas.

Selanjutnya mengubah tampilan trotoar di sepanjang Jalan MH Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman. Pedestrian dibangun dengan konsep modern. Jalan diperlebar dari sebelumnya berukuran 3-5 meter menjadi 8-12 meter. Tiang-tiang lampu juga ditambah.

Trotoar dibuat semakin cantik dengan dilengkapi pepohonan dan tanaman hias. sehingga nyaman, bersih, dan rapi. Selain itu pedestrian dibuat menjadi ramah disabilitas.

Ada alasan mengapa JPO dan trotoar yang ada di DKI Jakarta harus tampak artistik.

"Mengapa JPO, trotoar itu harus dibangun dengan artistik, karena kita ingin jalan kaki semata-mata dipandang sebagai perjalanan pengalaman," ujar Anies di Jakarta, Senin 15 Januari 2019.

Selain itu, Anies Baswedan merevitalisasi sejumlah jembatan penyeberangan orang (JPO). Antara lain, Gelora Bung Karno dan Dukuh Atas. JPO didesain yang unik. Tampilan menjadi lebih modern dan kekinian.

Dia juga mengecek revitalisasi jembatan tersebut. Khususnya saat hujan dan jam sibuk di Ibu Kota.

"Kemarin kita ngecek pada saat hujan, saat sore, pagi, saya ajak mereka untuk merasakan sendiri. Beda tidak ketinggian-ketinggiannya. Kalau progres, tanya kepada pelaksana, kendala utamanya pada hujan," ujar Anies.

Tak cuma itu, Anies juga membangun jembatan khusus disabilitas di Dr Sumarno, Jakarta Timur dan Jelambar Barat. Jembatan ini dilengkapi fasilitas lift, jika malam hari jembatan ini terlihat indah karena dihiasi lampu warna warni. Dengan adanya lampu, maka para disabilitas, ibu hamil, dan lansia tak perlu takut menyeberang pada malam hari.

Untuk meyakinkan keamanan, JPO disabilitas ini juga dijaga oleh petugas keamanan dan dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV. Situs Judi Poker

Ruang Publik

Rencananya, Anies juga menata seluruh kolong jembatan layang di Jakarta menjadi ruang publik. Sejauh ini baru satu kolong jembatan layang yang ditata, yaitu di bawah jembatan layang atau flyover Slipi Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Yang di flyover Slipi sudah. Selanjutnya kita bertahap, satu-satu," kata Anies di Balai Kota Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Anies mengatakan, pihaknya juga telah menggandeng sejumlah komunitas anak muda untuk mengisi kegiatan di ruang kolong flyover yang telah ditata. Salah satunya komunitas skateboard dan mural.

"Kemudian kita belajar apa yang kurang, sehingga ketika kita membuat lagi di tempat lain tidak mengulangi," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Terkait perawatan ruang publik itu, Anies menyatakan pihaknya belum memutuskan untuk melibatkan masyarakat

"Ini mumpung ada satu tempat, lebih baik small but manageble daripada large tapi unmanage. Kita lakukan dalam satu tempat," jelas dia. Agen DominoQQ Online

Masih Dikeluhkan

Flyover Slipi Skate Park saat ini memang menjadi sorotan. Tempat ini dianggap sebagai wadah bagi skater untuk menyalurkan bakat. Fasilitas tersebut dibangun sejak Oktober 2018.

Pemkot Jakarta Pusat merogoh anggaran Rp 800 juta untuk membuatnya. Ruang di kolong jalan layang itu mulanya digunakan pedagang kaki lima (PKL) dan pemulung.

Namun, sejumlah fasilitas dinilai beberapa pengguna kurang memenuhi standar. Setiap arena kondisinya juga masih kurang sempurna. Di arena quarter, boarslide, dan miniramp misalnya banyak aspal yang sudah mengelupas.

"Tempatnya kurang bagus karena banyak aspalnya yang hancur-hancur. Kondisinya ganggu banget, kadang lagi jalan papannya suka berhenti karena kena batu," ujar Hayqkal. Agen Bandar Poker

0 komentar:

Posting Komentar